Kamis, 30 Juni 2016

Yakin masih mengandalkan Nilai IPK jadi senjata buat berkarir di jenjang kerja?

Selamat pagi semoga baik-baik saja ya.

Ga kerasa nih puasa ramadhan udah hampir meninggalkan kita semoga di bulan suci Ramadhan ini amal dan perbuatan baik kita senantiasa diberi pahala oleh Tuhan YME....Amiiinnnn!!!!

Pada kesempatan kali ini saya sempatin buat bikin artikel singkat untuk para mahasiswa yang udah lulus kuliah dengan cumlaude ataupun dengan IPK yang mumpuni. pasti merasa bangga banget ya? Eits...... bangga memang seharunya. Namun lebih baik bila kita tidak terlalu berlebihan dalam berbangga diri.

Saat menerima IPK tertinggi dengan bangganya kita melamar kerja kesana kemari dengan membawa hasil IPK yang diraih setelah 4 tahun kuliah(rata-rata waktu kuliah).

Tapi sayangnya, ada sebagian orang yang walaupun mempunyai IPK mumpuni tapi tetap tidak mendapatkan panggilan kerja sama sekali. Tahukah kalian bahwa perusahaan itu paling tidak mempunya kreteriauntuk menerima kita di perusahaan mereka.

mau tahu IPK menjadi kreteria nomor berapa bagi perusahaan yuk kita tengan ..

1. Communication and Sales Skill (kemampuan berkomunikasi dan skill menjual)


Urutan pertama yang dinilai perusahaan adalah komunikasi dan skill jualnya. tidak bisa dipungkiri kalau skill komunikasi sangatlah penting. Dalam dunia kerja terkadang ada beberapa masalah kecil namun karena mengalami gangguan komunikasi atau bahasa umumnya Miss Komunikasi gangguan tersebut menjadi masalah yang seirius ya gak?

Untuk itu selama  masa kuliah kita musti manfaatin tuh waktu buat mengembangkan skill komunikasi yang bisa kita dapatkan melalui pembelajaran kuliah sehari hari, dalam organisasi, maupun berbagai acara seminar ataupun workshop.

2. Self Management (Manajemen Diri)

 Perusahaan lebih memilih orang yang bisa mengimprove dirinya sendiri. Disini perusahaan butuh orang yang memiliki visi, misi dan tujuan yang jelas. Eits namun tidak hanya dijadikan rencana saja visi dan misinya. melainkan harus mampu untuk mengatur, mengolah dan ,engelola hal-hal yang di mantapkan tersebut. dengan menguasai hal ini diharapkan seseorang dapat menempatkan diri dalam suatu perusahaan di situasi-situasi yang menghambat tingkah laku yang hendak dihilangkan serta elajar untuk mencegah timbulnya perilaku atau masalah yang tidak diketahui.

3. Presentation skill(kemampuan berpresentasi

 Presentasi  merupakan salah satu skill yang diprioritaskan dalam perusahaan why? co ba tebak? karena dengan menguasainya pelamar dalam skill presentasi, sudah pasti mempunyai mental verbal dan tata bahasa, dan sanggup menjadi pembicara yang baik. hal ini berkaitan dengan point nomor 1 yaitu komunikasi yang baik. semua pasti tahu bahwa presentasi dengan baik juga tidak mudah karena musti berhadapan langsung dengan banyak orang. untuk itu perlu diasah dalam pembelajaran di kuliah. dimaksimalkan kemampuan dalam presentasi sehingga akan jadi bekal di masa kerja kelak.

4. Leadership (kepemimpinan)

Perusahaan memasukkan kategori ini diatas hal lainnya. Karena dengan memiliki jiwa leadership yang baik. maka sudah pasti orang tersebut sangan berguna bagi perusahaan untuk mengelola tim yang akan dipimpinnya nanti. Akan menjadi hal yang kurang maksimal saya rasa  jika seseorang memiliki kecerdasan, wawasan luas, namaun skill leadershipnya tidak terasah bener ga?

5. Personality development(pengembangan kepribadian)

pengembangan kepribadian bisa dilatih dengan berbagi pembelajaran
Tidak semua orang yang melamar kerja itu selalu yang bagus-bagus. Terkadang ada saja orang yang tidak cakap namun saat sesi wawancara orag tersebut mampu menjawab pertanyaan waancara dengan lantang dan tegas untuk menutupi kekurangan dari kecakapannya. Kenapa pengembangan kepribadian begitu penting? Karena tidak menutup kemungkinan suatu saat akan terjadi masalah pada perusahaan dan orang dengan tipikal pengembangan diri yang siap akan dapat menyelesaikan masalah tersebut.

6. Problem Soving Skill (kemampaun memecahkan masalah)

memungut sampah yang berserakan juga merupakan problem solving yang jarang dilakukan masyarakat secara sadar
Perusahaan sudah pasti butuh  orangoorang dengan akal dan pikiran yang sehat untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi di perusahaan. Tapi tidak cuma menyelesaikan permasalahan yang terjadi. Seseorang yang memiliki skill problem solving yang biak biasanya mampu menyelesaikan masalah dengan mudah dan cantik, tanpa harus menambah masalah-masalah baru yang lain .

7. Emotional control skill (kemampuan mengontrol emosi)

lari dari masalah juga merupakan sikap kurang baik dalam pengendalian emosi
Perusahaan juga membutuhkan orang orang yang bisa menguasai ego ataupun emosinya dengan baik. Akan menjadi hal yang kurang sempurna bila sudah memiliki wawasan luas, pintar, komuniaksi bagus, skill bagus tapi mudah untuk terprovokasi. tentu hal ini bisa jadi sebuah perkara yang dapat membuat citra perusahaan menjadi kurang baik haya karena 1 orag yang kurang bisa menguasai emosinya.

8. IPK

Nah tiba juga di urutan terakhir IPK ternyata menjadi kebutuhan terakahir bagi perusahaan sebagai bahan pertimbangan. but jangan mengamil kesimpulan bahwa nilai IPK baik menjadi sia-sia tentu saja tidak. nilai IPK yang baik tentu tidak diperoleh dengan usaha yang biasa-biasa saja. Untuk mencapai IPK yang tinggi Mahasiswa juga musti menerapkan 7 hal diatas. bukan ..? Itu kalau dilaksankan dengan jujur sih.. Tapi kalau nilai IPK nya didapatin dari hasil curang seperti sering titip absen, sering nitip tugas, atau sering nyontek saat ujian..kelar deh masa kuliah elo....ga ada perjuaangan yang dapat dikenang..



sumber : kaskus.co.id
edit by me


0 komentar:

Posting Komentar